Memilih Rumah Hadap Timur Atau Barat

Tentu ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan ketika Anda hendak membeli sebuah rumah. Salah satu yang penting adalah arah bangunan rumah itu sendiri. Sering kali banyak pembeli yang terlupa memperhatikan arah bangunan. Padahal, ini bisa jadi salah satu kelebihan dan kekurangan sebuah rumah jika harus dibandingkan dengan rumah yang lain.

Mempelajari kelebihan tiap-tiap arah hadap rumah adalah suatu keharusan sebelum Anda memutuskan membeli sebuah rumah. Yuk, pilih sekarang mana yang lebih cocok untuk Anda. Rumah hadap timur atau hadap barat?

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Hadap Timur

Banyak yang menyangka bahwa rumah hadap timur adalah rumah yang paling ideal. Ini dikarenakan rumah hadap timur umumnya mendapat cahaya sinar matahari yang banyak pada pagi hari. Rumah seperti ini memang mendapatkan sinar matahari secara maksimal sebelum pukul 9 pagi. Dengan demikian, kamar-kamar yang menghadap timur akan terekspos sinar UV yang luar biasa menyehatkan.

Saat sore hari menjelang, kamar utama akan terasa sangat sejuk untuk digunakan beristirahat. Hal ini dikarenakan matahari sudah bergeser tempatnya ke arah barat. Tak hanya kamar utama yang menjadi teduh, teras depan pun akan sangat nyaman dipakai untuk bersantai dan bermain bersama seluruh anggota keluarga. Mengadakan acara sore hari di depan rumah sangat disarankan bagi pemilik rumah yang menghadap ke arah timur.

Rumah hadap timur bukan tanpa kekurangan. Rumah jenis ini sebenarnya rawan menjadi panas saat memasuki siang menuju sore hari. Ini terjadi pada bagian belakang rumah yang umumnya tempat berkumpul keluarga di sore hari menjadi panas. Demikian juga kamar2 dan ruang2 yang menghadap belakang akan menjadi panas di sore hari.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Hadap Barat

Bagi Anda yang memilih rumah menghadap barat, bagian belakang rumah adalah tempat yang ideal untuk mengadakan kegiatan sarapan bersama keluarga di pagi hari. Ini dilakukan demi mendapatkan cahaya matahari pagi yang menyehatkan. Sarapan di belakang rumah menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang suka melakukan kegiatan pada ruang privat. Pasalnya, privasi akan lebih terjaga dibanding dengan berkegiatan di depan rumah.

Banyak yang khawatir bahwa rumah yang menghadap barat akan kelihatan panas di sore hari. Ini cenderung terjadi karena rumah memang akan terlihat panas dari bagian depan. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena, ruang makan, ruang keluarga dan ruang bersantai yang Anda bangun di belakang rumah akan terasa sangat nyaman dan terhindar dari matahari sore.

Untuk mengatasi panas yang berlebihan di bagian depan rumah, Anda dapat menanam pohon-pohon. Dengan demikian, rumah akan terasa sejuk dan rindang bahkan di sore hari yang cukup terik. Untuk interior rumah yang lebih sehat, Anda disarankan menginstal pintu belakang yang dapat dibuka tutup di kala pagi. Tujuannya adalah supaya cahaya matahari pagi dapat memasuki rumah dan membuat keluarga Anda menjadi lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.